Alat Perlindungan Tangan Saat Bekerja


Tangan merupakan bagian tubuh yang pasti kita gunakan dalam semua bidang pekerjaan. Karenanya seyogyanya bagian tubuh yang satu ini kita lindungi sebaik-baiknya. Bila tidak menjadi objek kecelakaan kerja, maka tangan bisa jadi perantara utama terjadinya kecelakaan kerja. Misalnya terkena sengatan listrik karena tangan langsung bersentuhan dengan aliran listrik.

Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja, alat pelindung diri (APD) yang lengkap harus digunakan. APD ini meliputi alat pelindung kepala, alat pelindung muka/mata, alat pelindung telinga, alat pelindung badan, alat pelindung tangan, alat pelindung kaki, sampai pakaian kerja. APD ini digunakan sesuai dengan kebutuhan kerja untuk menghindari dari resiko yang timbul akibat kerja. Pada tema ini, kita akan membahas tentang alat pelindung diri (APD) yang digunakan pada tangan.

JENIS-JENIS DAN STANDAR SPESIFIKASI PADA ALAT PELINDUNG TANGAN.
Penggunaan alat pelindung tangan ini berfungsi untuk dua hal yang berbeda. Pertama APD ini dapat meningkatkan efisiensi hasil pekerjaan (pada bidang produksi). Kedua, alat pelindung tangan berfungsi melindungi tangan dari segala resiko yang bisa menyebabkan tangan terganggu/terluka akibat pekerjaan, seperti terkena zat kimia, akibat dari pengelasan, dll.

Bagaimana bisa sebuah sarung tangan meningkatkan efisiensi? Bayangkan bila Anda mengangkat ember gagang kawat yang berisi adonan semen tanpa menggunakan sarung tangan. Akan terasa sakit bukan? Rasa sakit ini lama kelamaan akan mengurangi efisiensi kerja. Alat pelindung tangan memiliki jenis-jenis sebagai berikut :
 
Sarung tangan tangan kain standard/kombinasi.

Sarung tangan berbahan kain dibuat dengan banyak variasi. Mulai dari banyaknya komposisi benang penyusun sampai sarung tangan sarung tangan yang dilengkapi dengan dot atau titik plastik pada permukaan telapak tangan.

Perbedaan jenis pada sarung tangan ini menyesuaikan dengan aktivitas pekerjaan yang dilakukan. Pada jenis kain biasa, ketebalan berpengaruh terhadap kenyamanan pengguna. Sedangkan sarung tangan yang dilengkapi dengan “dot” berfungsi untuk meningkatkan grip/daya genggam tangan.

Sarung tangan dot sebaiknya digunakan pada pekerjaan yang memerlukan daya genggam yang kuat. Misalkan saat menggunakan trowel, palu, dan lain-lain.

Sarung tangan karet/latex.
Sarung tangan karet/latex memiliki keunggulan yaitu tidak berpori, sehingga cocok digunakan untuk bahan-bahan yang mengandung cairan kimia, terlebih asam. Jenis sarung tangan ini juga banyak digunakan untuk aktivitas berkebun dan untuk aktivitas membersihkan rumah sehari-hari.

Sarung tangan kulit.
Sarung tangan kulit terbuat dari bahan kulit asli. Keunggulan dari penggunaan bahan kulit ini yaitu memiliki kelebihan terhadap panas yang sangat baik. Panas yang dimaksud dapat berupa panas dari benda ataupun radiasi panas. Sarung tangan kulit ini banyak digunakan untuk pengelasan dan bebrapa aktivitas lain yang memerlukan kontak dengan benda yang bersuhu panas seperti di peleburan logam. 
Sarung tangan adalah salah satu alat keselamatan kerja yang wajib digunakan oleh setiap pekerja yang tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sarung tangan sama halnya dengan sepatu safety yang harus di gunakan oleh setiap pekerja. 

Referensi untuk anda jika anda mempunyai kendaraan yang tarikannya atau kecepatannya tidak sesuai keinginan anda sebaiknya anda menggunakan pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan yang sudah terbukti untuk semua kendaraan yang menggunakannya.

Demikian artikel tentang alat pelindung tangan. Semoga artikel ini bisa memberi pengetahuan Anda tentang standar keselamatan kerja.

0 komentar