Panduan Aman Bersepeda ke Kantor


Bersepeda ke tempat kerja bisa jadi pilihan yang sehat, selain untuk tubuh kita, bersepeda juga baik untuk memelihara kesehatan lingkungan. Bila Anda tertarik untuk bersepeda ke tempat kerja, ada baiknya untuk memerhatikan beberapa tips berikut ini.

1.    Rencanakan rute yang akan Anda ambil
Mungkin ada perbedaan antara rute bersepeda dengan rute mengemudi biasa. Cek Google Maps untuk mendapatkan rute terbaik saat bersepeda. Pastikan Anda mengetahui dengan baik pengaturan waktu, jarak, medan dan kepadatan lalu lintas. Setelah menemukan rute yang tepat, coba rute Anda sebelum benar-benar mulai bersepeda ke tempat kerja. Sangat penting untuk menjauhi jalan utama atau jalan-jalan dengan kemacetan lalu lintas yang tinggi. Selain itu, bersiaplah untuk hadapi rintangan di jalan untuk memastikan Anda datang tepat waktu di kantor.


2.    Gunakanlah sepatu safety dan kaus kaki yang nyaman dan tepat untuk bersepeda
Untuk pertimbangan kenyamanan dalam bersepeda, pastikan sepatu Anda cocok untuk bersepeda. Jangan menggunakan sandal. Bila Anda sudah memilih sepatu keamanan yang nyaman, pastikan tali sepatu Anda terikat dengan baik.

3.     Gunakan baju yang cocok untuk bersepeda
Baju juga tidak boleh diabaikan bila Anda ingin tetap aman dan nyaman. Hindari memakai baju yang terlalu longgar. Dan untuk keamanan kepala, gunakan helm.

4.    Usahakan terlihat dengan mudah!
Gunakan lampu depan bila Anda berencana bersepeda pada malam hari. Baju yang mencolok atau mudah terlihat. Untuk menambah kewaspaan pengguna jalan lain, sebaiknya Anda membunyikan bel sepeda Anda.

5.    Bawa perlengkapan Anda
Disarankan untuk menggunakan tas punggung atau bawa rak dengan sistem klip atau tali yang kuat bila memerlukan membawa sesuatu. Selain itu, membawa pompa angin untuk perjalanan yang agak jauh sangat membantu untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu ban Anda kempis.

6.    Bersiaplah hadapi cuaca buruk
Persiapan yang tidak kalah penting ketika Anda berencana untuk bersepeda ke tempat kerja adalah persiapan untuk menhadapi cuaca buruk. Untuk menghindari cuaca ektrim seperti panas atau dingin, gunakanlah baju berlapis. Juga pikirkan untuk menggunakan rencana cadangan bila Anda terpaksa tidak dapat melanjutkan bersepeda ketika cuaca buruk.

7.    Bersihkan diri sesampainya di ruang kantor atau ditempat kerja
Agar Anda kembali fresh setelah bersepeda, ganti baju, gunakan deodorant, rapikan rambut dengan sisir, handuk dan hal lain yang perlu begitu Anda sampai di kantor. Untuk mengembalikan energi tubuh Anda, minum segelas air putih setiap 20 menit. Bawa botol air bila perlu. Setelah mulai untuk bekerja, minum segelas air. Bila Anda bersepeda lebih dari 30 menit, bawa camilan berukuran kecil yang mengandung protein dan karbohidrat.

8.    Ikuti Aturan
Bersepedalah mengikuti arah yang sesuai lalu lintas, janganlah melawan arus. Hindari bersepeda di belakang mobil atau di sisi yang tidak terlihat di belakang mobil. Kurangi kecepatan Anda ketika mendekati perempatan sehingga Anda akan mudah dapat berhenti bila perlu. Berikan tanda ketika akan berbelok – gunakan penanda dengan tangan. Patuhi semua rambu-rambu lalu lintas.


Rencana B
Jangan lupa mempersiapkan rencana B bila sewaktu-waktu Anda tidak mungkin melanjutkan bersepeda karena alasan tertentu. Karenanya, disarankan untuk mempelajari rute bis atau angkutan umum lain antara rumah dan kantor Anda. Atau Anda dapat menghubungi teman sekantor Anda untuk mendapatkan tumpangan.

0 komentar