Panduan K3 Listrik di Tempat Kerja




Untuk tingkatkan keselamatan kerja dalam tempat kerja, kita pasti perlu membuat gagasan kerja, mengenali kekuatan bahaya, membuat komunikasi serta tingkatkan pemantauan. Pekerja harus pahami Keselamatan serta Kesehatan Kerja Listrik atau seringkali kita mengenal dengan K3 Listrik untuk menghindar berlangsung kecelakaan kerja listrik dalam tempat kerja. jual sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Ada banyak type energi yang biasa digunakan dalam tempat kerja. Baik perkantoran atau tempat operasi produksi. Beberapa energi itu, diantaranya, energi elektrik, energi gravitasi, energi kinetik, energi mekanik, energi fisika, energi thermal, energi bertekanan serta energi kimia.


Dari energi yang disebut ini, beberapa salah satunya adalah energi pemroduksi tenaga listrik, sesaat yang lain malah membutuhkan listrik untuk menghasilkannya. Contoh energi pemroduksi listrik yakni energi elektris, serta yang membutuhkan listrik untuk penggerak yakni energi mekanis serta energi termal.


Beberapa hal bisa berlangsung terkait dengan K3 Listrik dalam tempat kerja. Karakter alami manusia untuk penghantar listrik adalah salah satunya hal yang pantas jadi alasan dalam membuat gagasan kerja serta analisis bahaya listrik. Beberapa bahaya yang bisa memunculkan dampak serius ialah tersengat listrik (Electric shock), diserang percikan bunga api (Arc Flash) serta ledakan bunga api (Arc Blast), serta api. Baik Arc Flash atau Arc Blast sudah tentu punyai kekuatan memunculkan api yang bisa memunculkan kerugian semakin besar buat perusahaan. Oleh karenanya, tiap pekerja yang bergesekan langsung dengan sumber listrik, diharap bertambah siaga serta waspada supaya tidak memunculkan kecelakaan kerja.


Oleh karenanya K3 listrik sebaiknya diaplikasikan di perusahaan supaya tiap pekerja yang kerja di perusahaan bisa kerja pada keadaan yang aman dari bahaya listrik yang kemungkinan memberikan ancaman. Beberapa mekanisme K3 listrik yang biasa diterapkan yakni:


Buat Izin Kerja untuk Overhead Power Line

Memerhatikan jarak/radius aman serta tindakan aman yang direkomendasikan saat lifting equipment terlibat ke kabel listrik di atasnya.


Gunakan Earth Leakage Sirkuit Breaker (ELCB)

Peralatan yang berperanan mengubah sengatan listrik dengan cara pengaliran arus yang ke tubuh ke arah grounding.


Pasangi Semua Circuit dengan Pelindung ELCB. Circuit yang dilindungi oleh ELCB harus dites tiap lagi enam bln. sekali.

Check Cek Tag Validity. Awalnya menggunakan alat listrik portable harus lakukan visual inspection (peninjauan kasat mata) dengan memeriksa Cek Tag Validity-nya. Kemungkinan ada kabel terkelupas, socket tidak lengkap, dll.

Lakukan tagging per-tiga bulanan sesuai dengan standard internasional. Lakukan kontrol pada semua peralatan listrik tiap tiga bulan serta memberikannya sinyal atau tag alat yang masih tetap wajar dipakai serta belum dapat dipakai sebab sedang dalam waktu pembaruan atau perawatan salah satu hal yang bisa membuat perlindungan pekerja dari ketidakberhasilan peranan alat listrik.

Tutup peralatan listrik dengan panel/switchgear. Memiliki arah amankan peralatan listrik yang tidak memenuhi.

Banyak perusahaan yang ajukan pertanyaan berkaitan K3 Listrik, beberapa salah satunya memberi pertanyaan mengenai langkah simpel dalam menghidupkan kesadaran pekerja serta membuat perlindungan mereka dari bahaya listrik. Untuk menjawabnya, perusahaan bisa lakukan beberapa panduan di bawah ini dalam membuat perlindungan keselamatan pekerja dari bahaya listrik:


Lakukan peninjauan visual pada semua peralatan listrik portable.

Gunakan cuma peralatan listrik dengan tag yang benar.

Alat yang rusak ditag ‘Out of Service. ‘

Pada tempat lembab, tekankan semua alat terhubung dengan Ground-fault Sirkuit Interrupter (GFCI).

Jangan sampai tukar fuse dengan kawat.

Personal berkompetensi saja yang dapat lakukan pembaruan alat listrik.

Jangan sampai sentuh kabel listrik yang jatuh/terkapar.

Publikasi pada panduan K3 Listrik buat beberapa pekerja ini bisa menghidupkan kesadaran awal beberapa pekerja supaya terlepas dari bahaya listrik serta bisa kerja dengan aman. Synergy Jalan keluar anggota of Proxsis Grup lewat ISC Safety School menolong perusahaan dalam tingkatkan kapabilitas serta kesadaran pekerja di perusahaan lewat training, seminar serta komunitas dialog yang dengan cara teratur dilaksanakan.

0 komentar