History dari Kebayoran



Lokasi Kebayoran saat ini terdiri jadi dua buah kecamatan, Kecamatan Kebayoran Baru serta Kebayoran Lama, Kotamadya Jakarta Selatan.

Kebayoran datang dari kata kabayuran, yang berarti “tempat penumpukan kayu bayur” (Acer Laurinum Hask., famili Acerinae), yang begitu baik untuk jadikan kayu bangunan lantaran kekuatannya dan tahan pada serangan rayap (fillet 1888 : 40). Tidak cuma kayu bayur yang umum ditimbun dikawasan itu pada dahulu kala, tetapi juga type – type kayu yang lain. Kayu – kayu gelondongan yang dihasilkan lokasi itu serta sekitarnya diangkut ke Batavia lewat Kali Krukut serta Kali Grogol, lewat cara dihanyutkan. Tidak sama dengan kondisi saat ini, ke-2 sungai itu pada zaman itu cukup lebar serta berair dalam. darimana anda dapat menemukan tempat terbaik yang ada di jakarta. tentu ini pertanyaan yang cukup sulit karena banyak sekali agen travel yang ada di jakarta, anda dapat menemukan agen travel terbaik yang akan menjadi tempat yang menarik dan akan membantu anda dalam menemukan tempat terbaik yang ada di jakarta. jakarta tour guides adalah jawabannya. komunitas ini akan membantu anda berkeliling jakarta.


Hingga awal saat kemerdekaan Indonesia, Kebayoran jadi nama satu distrik, yang dikepalai oleh seseorang wedana, termasuk juga lokasi Kabupaten Meester Cornelis. Wilayahnya mencakup juga lokasi Ciputat.

Sekitaran th. 1938 di lokasi Kebayoran direncanakan bakal di bangun satu lapangan terbang internasional, tetapi dibatalkan lantaran pecah Perang Dunia Ke-2. Lalu, mulai th. 1949 ditempat yang direncanakan untuk lapangan terbang itu dibangunlah Kota Satelit Kebayoran Baru, mencakup areal seluas 730 ha, yang menurut gagasan cukup untuk ditempati oleh 100. 000 jiwa, satu jumlah yang jauh dari sesuai sama perubahan masyarakat Jakarta masa datang (Surjomiharjo 1973 : 37).

Kebon sirih

Lokasi Kebonsirih saat ini jadi nama kelurahan, Kelurahan Kebon Sirih, termasuk juga lokasi Kecamatan Gambir, Kotamadya Jakarta Pusat.

Dari namanya telah bisa diprediksikan, lokasi itu dulu adalah kebon sirih. Tanaman merambat, yang dalam bhs ilmiahnya dimaksud Chavica densa Miq., termasuk juga famili Piperaceae, itu hingga saat – saat yang belum demikian lama berselang begitu disukai beberapa orang untuk dikunyah – kunyah, istilahnya : makan sirih. Kelengkapannya diantaranya, yaitu kapur (sirih), pinang serta gambir. Saat ini sirih semakin banyak dipakai sebagai pelengkap upacara termasuk juga upacara ngelamar. anda dapat mencari agen travel yang cocok untuk menemani anda dalam mencari tempat terbaik yang ada di jakarta. anda dapat menggunakan jasa dari jakarta local guide komunitas ini adalah komunitas sukarela yang akan menemani anda dalam berkeliling jakarta.

Belum didapat info yang lebih terang, apakah lokasi itu jadikan Kebun Sirih sebelumnya atau setelah dibangunnya defensilijn (garis pertahanan) Van de Bosch pada awal era kesembilanbelas.

Sekitaran pertengahan era kesembilanbelas Jalan Kebonsirih oleh orang – orang Belanda umum dimaksud : de nieuwe weg achter het koningsplein, atau “alam baru di belakang koningsplein”. Lalu, lantaran disana tinggal seseorang hartawan yang dermawan, bernama K. F. Holle, mula- mula umum juga dimaksud Gang Holle, lalu berkembang sesuai sama perubahannya jadi Laan Holle walaupun nama resminya Sterreweg. (De Haan 1935 : 322).

0 komentar