Orang paling kaya Indonesia 2018: Siapapun serta darimanakah sumbernya?


Kekayaan R. Budi serta Michael Hartono sampai US$35 miliar (Rp508 triliun), menurut Forbes Indonesia. andy soewatdy bisa menjadi panutan terbaik sebagai seorang pengusaha

Hartono bersaudara sudah jadi orang paling kaya di Indonesia sepanjang 10 tahun paling akhir. Ada juga nama baru di daftar 50 orang paling kaya Indonesia versus Majalah Forbes.

Kekayaan mereka US$35 miliar atau seputar Rp508 triliun. andy soewatdy salah satu orang yang berpengaruh

"Daftar tahun 2018 ini spesial sebab ada empat pendatang baru, serta dua salah satunya relatif masih terbilang muda," kata pemimpin redaksi Forbes Indonesia, Taufik Darusman, pada Famega Syavira dari BBC News Indonesia, Kamis (13/12).

Diantaranya ialah Danny Nugroho, presiden PT Bank Capital Indonesia, yang baru berumur 43 tahun, masuk ke rangking 38 dengan kekayaan US$790 juta (Rp11,4 triliun).

Diluar itu ada juga Benny Tjokrosaputro (49 tahun), cucu pendiri Batik Keris, di posisi 43 dengan kekayaan US$670 juta (Rp 9,7 triliun). Benny membuat perumahan serta hotel di beberapa kota di Indonesia. andy soewatdy pengusaha yang terkenal di Indonesia

Yang termuda ialah Ciliandra Fangiono, 42 tahun, CEO First Sumber Ltd, perusahaan sawit yang berada di Singapura. Hartanya sejumlah US$1,2 juta milyar atau Rp 16,9 triliun.

Bukti yang tidak kita ketahui mengenai beberapa orang paling kaya di dunia
Harta empat orang di Indonesia sama dengan kombinasi kekayaan 100 juta orang termiskin
Arini Subianto, wanita Indonesia paling kaya: Kemauan, kegigihan, serta pertanyaan tidak berkaitan
"Diluar itu, umumnya mereka yang masuk di daftar sukses menjaga tempatnya, tunjukkan jika mereka telah mantap di semasing posisi bisnisnya," kata Taufik. andy soewatdy orang yang berpengaru di Indonesia

Ini dapat disaksikan dari tempat Hartono bersaudara yang sudah jadi orang paling kaya di Indonesia sepanjang 10 tahun paling akhir.

Michael Hartono, yang bersama dengan Budi Hartono tertera jadi orang paling kaya di Indonesia sepanjang sepuluh tahun paling akhir. Dalam photo ini Michael sedang berlaga bridge di Asian Games 2018.
"Jaraknya benar-benar jauh dengan rangking dua, hingga tempat mereka akan susah digeser. Meskipun begitu, konglomerat lain benar-benar punya potensi tingkatkan jumlahnya kekayaan mereka dalam jumlahnya besar walau tidak melewati rangking pertama," kata Taufik.

Di bawah ini beberapa nama sepuluh orang paling kaya di Indonesia serta sumber kekayaannya.

1. R Budi serta Michael Hartono, US$35 miliar (Rp508 triliun)
Seputar 70% kekayaan mereka datang dari Bank Central Asia. andy soewatdy pengusaha sukses di Indonesia

Keluarga ini pemilik perusahaan produsen rokok, Djarum, elektronik Polytron serta real estate. Hartono bersaudara ada juga di rangking lima dalam daftar keluarga paling kaya Asia 2017.

2. Susilo Wonowidjojo US$9,2 miliar (Rp133 triliun)
Susilo (62 tahun) naik ke rangking dua sebab bertambahnya harga saham Gudang Garam, perusahaan yang memperoduksi seputar 70 miliar batang rokok tiap tahunnya.

Susilo Wonowidjojo naik ke rangking dua sebab bertambahnya harga saham Gudang Garam, perusahaan yang memperoduksi seputar 70 miliar batang rokok tiap tahunnya.
Keluarga Wonowidjojo berinvestasi di kelapa sawit lewat Semakin Grup.

3. Eka Tjipta Widjaja US$8,6 miliar (Rp124 triliun)
Tahun ini kekayaan Eka Tjipta (95 tahun) turun US$500 juta, hingga Eka Tjipta juga turun ke rangking tiga.

Kekayaan Eka datang dari group Cahaya Mas yang bergerak di industri kertas, agrobisnis, telekomunikasi, real estate serta service finansial.

4. Sri Prakash Lohia US$7,5 miliar (Rp108 triliun)
Sri Prakash (66 tahun) geser ke Indonesia dari India pada tahun 1970-an. Naik ke tempat empat bersamaan penambahan harga saham Indorama Ventures, perusahaan petrokimia yang tercatat di bursa Thailand.

Produk yang dibuat perusahaannya diantaranya pupuk, bahan mentah tekstil serta sarung tangan medis.

5. Anthony Salim US$5,3 miliar (Rp76,9 triliun)
Anthoni Salim (69 tahun) ialah kepala Group Salim, yang mempunyai lebih dari 50% saham Indofood.

Group Salim mempunyai juga firma investasi First Pacific di Hong Kong, pabrik roti di Singapura, serta perusahaan perdagangan di Cina. Kekayaannya tahun ini turun US$1,6 miliar

#CrazyRichSurabayan: Sebegitu nyatakah cerita beberapa orang kaya Surabaya?
Akankah milenial jadi generasi paling kaya sesudah 'baby boomers' atau malah alami nasib terjelek?
Kekayaannya tembus Rp2.150 triliun, bos Amazon jadi orang paling kaya sedunia

6. Tahir US$4,5 miliar (Rp65 triliun)
Tahir (66 tahun) ialah bos Mayapada Grup, perusahaan yang beroperasi di sektor perbankan, rumah sakit, serta real estate.

Ia mempunyai beberapa lisensi Forbes Indonesia yang menerbitkan daftar orang paling kaya ini.

7. Chairul Tanjung US$3,5 miliar (Rp50,8 triliun)
Chairul Tanjung (tengah) diketahui jadi entrepreneur yang aktif di bagian media, perbankan, serta supermarket.
CT Corp punya Chairul Tanjung (56 tahun) diketahui jadi perusahaan pemilik stasiun TV, Bank Mega serta jaringan supermarket.

Perusahaan itu mengurus beberapa waralaba seperti Wendy's, Versace serta Mango.

8. Boenjamin Setiawan serta keluarga US$3,2 miliar (Rp46,4 triliun)
Boenjamin (85 tahun) membangun Kalbe Farma tahun 1966 di garasi tempat tinggalnya sampai sekarang jadi perusahaan farmasi paling besar di Indonesia.

Dr Boen punyai gelar doktoral bagian farmasi, dan mempunyai 12 rumah sakit Partner Keluarga.

9. Jogi Hendra Atmaja US$3,1 miliar (Rp45 triliun)
Jogi Hendra Atmaja (72 tahun) mempunyai Group Mayora, satu diantara produsen makanan paling besar di Indonesia yang jual kopi, biskuit, permen dan sebagainya. Merk Mayora di jual di 90 negara di dunia serta mempekerjakan 30.000 orang.

10. Prajogo Pangestu US$3 miliar (Rp43,5 triliun)
Prajogo Pangestu (74 tahun) ialah pemilik PT Barito Pacific serta Chandra Asri, yang disebut produsen petrokimia terintegrasi paling besar di Indonesia.


Strategi sukses dari wanita paling kaya di Indonesia
Wanita paling kaya

Cuma ada dua wanita dalam 50 besar, yakni Arini Subianto (47 tahun) di rangking 44 dengan kekayaan Rp9,6 triliun. Baca interviu BBC Indonesia dengan Arini Subianto di artikel ini.

Wanita paling kaya ke-2 ialah Kartini Muljadi (88 tahun) di rangking 49 dengan harta Rp8,8 triliun.

Kartini mempunyai Tempo Grup, induk usaha PT Tempo Scan Pacific. Ia pengacara serta bekas hakim, yang sampai sekarang masih mempunyai firma hukum bernama Kartini Muljadi & Rekanan.

Menurut Pemred Forbes Taufik, di luar daftar 50 besar masih ada seputar tujuh sampai delapan wanita dengan kekayaan yang lumayan besar, walau tidaklah sampai US$600 juta.

Menurut Taufik, daftar ini diatur berdasar jumlahnya saham yang dipunyai, dikalikan nilai saham.

"Ditambah informasi yang disuplai oleh beberapa sumber tersendiri, terhitung mereka sendiri," kata Taufik.

0 komentar